Jumat, 14 Maret 2014

Penerapan Komputasi Modern dalam Ilmu Sains

Berikut ini adalah beberapa implementasi komputasi modern dalam bidang sains

Pada bidang fisika
Fisika memiliki suatu cabang keilmuan yang memanfaatkan suatu tools yang dapat dimanfaatkan untuk membuat perhitungan menjadi lebih mudah dan cepat yang disebut Fisika Komputasi.
Kini komputer bukan hanya digunakan untuk mengolah data praktikum atau membuat dokumen ilmiah, namun dapat digunakan untu kmenghitung suatu perhitungan yang rumit.

Pada bidang matematika
Matematika Komputasi adalah ilmu yang mengintergrasikan matematika terapan dan ilmu komputer. Banyak masalah industri, juga masalah dalam bidang teknik, kesehatan, sains, bisnis dan ekonomi dapat dimodelkan secara matematika dan disimulasikan dengan bantuan komputer dengan tujuan untuk mendapatkan solusi dari masalah tersebut.

Pada bidang kimia
Kimia Komputasi adalah cabang kimia yang menggunakan hasil kimia teori yang diterjemahkan kedalam program komputer untuk menghitung sifat-sifat molekul dan perubahannya maupun melakukan simulasi terhadap sistem-sistem besar (makromolekul seperti protein atau sistem banyak molekul) dan menerapkan program tersebut kedalam sistem nyata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar