Desain Grafis
Desain
merupakan proses membuat dan menciptakan obyek baru. Desain bisa juga dikatakan
sebagai hasil dari sebuah proses kreatif. Desain biasa diterjemahkan sebagai seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Proses desain pada umumnya
memperhitungkan aspek fungsi, estetik dan berbagai macam aspek lainnya, yang
biasanya datanya didapatkan dari riset, pemikiran, brainstorming, maupun
dari desain yang sudah ada sebelumnya. Sedangkan grafis atau Grafika adalah ungkapan,
perbuatan, dan perwujudan dalam bentuk huruf,
tanda,
dan gambar
yang diperbanyak melalui proses percetakan.
Jadi, Desain grafis adalah suatu
bentuk komunikasi visual (gambar,
simbol, angka, grafik, ilustrasi) untuk menyampaikan informasi
atau pesan seefektif mungkin. Dalam disain grafis, teks juga dianggap gambar
karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan. Desain grafis
diterapkan dalam disain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat
merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan
(rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (disain). Seni disain grafis mencakup kemampuan kognitif dan keterampilan visual,
termasuk di dalamnya tipografi, ilustrasi, fotografi, pengolahan gambar, dan tata letak. Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni desain yang dalam
perkembangannya dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object.
Unsur-unsur di
dalam desain grafis yaitu
bentuk, tekstur, garis, ruang, dan warna. Unsur-unsur tersebut membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti
keseimbangan, ritme, tekanan, proporsi dan kesatuan, kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.
Software yang digunakan diantaranya
Adobe Photoshop, Adobe Ilustrator, Coreldraw, Inkscape, 3D Studio Max, Blender,
dan lain-lain.
Desain
Pemodelan Grafik
Desain permodelan grafis sangat berkaitan dengan
grafik komputer. Pemodelan merupakan proses membentuk sketsa suatu obyek yang
akan kita buat, membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti
hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan
dikerjakan di komputer.
Perkembangan grafis komputer, telah
membuat kita dapat berinteraksi dengan mudah dengan komputer, dan lebih baik
untuk memahami dan menafsirkan berbagai jenis data. Perkembangan komputer
grafis memiliki dampak yang besar pada banyak jenis media dan telah merevolusi
industri dibidang animasi dan video game. Istilah komputer grafis telah
digunakan dalam arti luas untuk menggambarkan “segala sesuatu pada komputer
yang bukan berupa teks atau suara”. Biasanya istilah komputer grafik banyak
digunakan pada beberapa hal:
- Representasi dan manipulasi data citra oleh computer
- Berbagai teknologi yang digunakan untuk membuat dan memanipulasi gambar pada gambar yang dihasilkan
- Sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari metode untuk mensintesis digital dan memanipulasi konten visual
Saat ini, komputer grafis menghasilkan
segala sesuatu yang banyak berkaitan dengan berbagai aspek kehidupan kita
sehari-hari. Citra komputer grafik dapat ditemukan di televisi, di koran, film
dsb. Grafis yang dibuat dengan baik dapat mepresentasikan hal yang terlihat
sulit menjadi suatu hal yang mudah dan dapat dipahami. Grafik juga dapat
digunakan dalam media seperti laporan, thesis, serta tugas-tugas makalah. Untuk
mendukung perkembangan ini telah banyak perangkat lunak yang diciptakan untuk
mendukung kinerja dari komputer grafis. Perangkat-perangkat lunak tersebut
dapat dikategorikan menjadi 3, yaitu: untuk 2D, 3D, dan animasi grafis. Karena
teknologi berkembang pesat kebanyakan digunakan adalah perangkat 3D ,tetapi
tidak sedikit yang masih menggunakan perangkat komputer grafis 2D. Oleh
karena itu Komputer Grafis telah muncul sebagai sub-bidang ilmu komputer yang mempelajari metode untuk
mensintesis digital dan memanipulasi konten visual.
Berikut adalah kegiatan yang berkaitan
dengan grafik komputer:
- Pemodelan
geometris : menciptakan model matematika dari objek-objek 2D dan 3D. - Rendering : memproduksi citra yang lebih solid dari model yang telah dibentuk.
- Animasi : Menetapkan/menampilkan kembali tingkah laku/behavior objek bergantung waktu.
Tipe-Tipe Citra
Grafis
Komputer 2D
Grafik
komputer 2D adalah pembuatan objek berbasis gambar dengan perspektif 2
titik, contohnya gambar, teks, bangun 2D, dan sebagainya. Grafik komputer 2D
kebanyakan digunakan pada aplikasi yang digunakan hanya untuk mencetak dan
menggambar seperti tipografi, gambar, kartun,iklan, poster, dan lain-lain.
Pixel
Art
Pixel
art adalah sebuah bentuk seni digital, yang diciptakan melalui penggunaan
perangkat lunak grafik raster di mana gambar akan di edit pada tingkat
pixel. Pixel art dapat ditemukan pada komputer atau game-game yang
relatif tua, dan juga dapat ditemukan pada telepon genggam.
Vector
graphics
Berbeda
dengan pixel, vektor grafis merupakan representasi dari gambar dengan berupa
array pixel. Dimana keunggulannya adalah pada resolusi berapapun dan tingkat
pembesaran apapun gambar yang dihasilkan tetap (tidak blur atau pecah)
Grafik
Komputer 3D
Grafik
komputer 3D merupakan suatu grafis yang menggunakan 3 titik perspektif dengan
cara matematis dalam melihat suatu objek, dimana gambar tersebut dapat dilihat
secara menyeluruh dan nyata. Untuk perangkat-perangkat lunak yang digunakan
untuk grafik komputer 3D ini banyak bergantung pada algoritma-algoritma.Animasi Komputer
Animasi
Komputer adalah seni membuat gambar bergerak melalui komputer. Biasanya
ini digunakan pada film-film animasi berbudget besar. Tetapi film-film non
animasi juga banyak yang menggunakan teknik ini, antara lain Lord Of The
Ring, Harry Potter, dan sebagainya.
Sumber
:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar